TUGAS KELAS

KELAS PPKn SORE B
NAMA :            ALFAN HERJANDI
NIM :                           E1B117004
BLOG :        alfanjandi.blogspot.com
NO HP :                       085397200906

TUGAS KELAS
TUGAS 1
Perkembangan adalah suatu proses dimana seorng individu belajar menemukan jati dirinya seperti bakat, minat dan kemampuannya.
Peserta didik adalah seseorang atau individu yang sedang melaksanakan pendidikan pada jenjang pendidikan guna membentuk bakat, minat, dan kemampuannya untuk dirinya sendiri.
Perkembangan peserta didik adalah perubahan pada diri seseorang yang merujuk pada potensi diri yang dimana merujuk pada sisi kognitif dan sisi emosional sehingga individu dapat memahami dan menyalurkan bakat, minat dan kemampuannya pada yang dibidanginya. 

                                                   Memunculkan Minat dan Bakat

Tujuan Pendidik   

                                                  Cara meraih Pengetahuan

                                                          
                                                           Memiliki Pengetahuan

Tujuan Peserta Didik  

                                                          Menerapkan Pengetahuan secara berangsur-angsur



                                                                              Kondisi Fisik 
                                                    Internal              Kondisi Psikis 
                                                                               Intelektual
Faktor Penghambat                                                Keadaan Emosi

                  Moral
                                                                           Kondisi Fisik
                                Keadaaan Geografis
                                                    Eksternal         Lingkungan Keluarga
                                                                            Motivasi
                   Keamanan
           Minat
                                                Internal              Motivasi
         Bakat


Faktor Pendorong 


                  Keluarga
                                                  Eksternal            Lingkungan Masyarakat
                            Teman  Sebaya





JELASKAN PENDEKATAN DAN CONTOH DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Pengertian Pendekatan adalah seperangkat asumsi mengenai cara belajar-mengajar.
   



                                Pendekatan  Kontekstual
Pendekatan             Pendekatan Kontruktivisme
                                Pendekatan Deduktif
                                 Pendekatan  Induktif    
1.      Pendekatan Kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat dalam.
contoh : Ketika guru memberikan tugas kepada siswa, guru akan mengarahkan siswa dan siswa akan melakukan pengamatan secara langsung agar menjadikan pengalalaman siswa menjadi lebih relevan agar dapat membangun dan mengembangkan pengetahuannya dalam pembelajaran.

2.      Pendekatan Kontruktivisme adalah landasan berfikir pendekatan kontekstual. Yaitu bahwa pendekatan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit yang hasilnya di perluas melalui konteks yang terbatas dan tidak dengan tiba-tiba. Menurut para ahli kelebihan teori kontruktivisme ialah pelajar berpeluang membina membangun pengetahuan secara aktif melalui proses saling pengaruh  antara pembelajaran terdahulu dengan pembelajaran terbaru.
contoh : Ketika seorang guru memberikan sebuah materi pembelajaran kepada para siswa, guru hanya akan memberikan inti-inti / point-point dari materi tersebut. Kemudian siswa lah yang akan berperan aktif mencari pengembangan dari materi tersebut. Siswa yang akan mencari tahu segala isi materi dan guru hanya mengarahkan bukan menerangkan seperti pada umumnya.



3.      Pendekatan Deduktif adalah pendekatan yang ditandai dengan memaparkan konsep terlebih dahulu dimana yang dibahas definisi dan istilah-istilah pada bagian awal pembelajaran. 
contoh : Ketika guru memberikan sebuah pelajaran tentang volume balok, guru akan memberikan materi,konsep  dan penjelasan mengenai volume balok rtersebut. Kemudian guru akan memberikan contoh-contoh soal beserta cara penyelesaiannya, selanjutnya guru akan memberikan tugas yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman siswa.


4.      Pendekatan Induktif adalah menekanan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Metode ini sering disebut sebagai sebuah pendekatan pengambilan kesimpulan dari khusus menjadi umum.
contoh : Ketika guru memberikan tugas mengenai persegi panjang maka guru akan menyuruh siswanya untuk membuat gambar dari persegi panjang tersebut terlebih dahulu secara rinci kemudian baru guru dan siswa berdiskusi mengenai sifat-sifat dari persegi panjang tersebut dan bersama-sama menyimpulkan hais pelajaran.



Komentar